BeritaDumaiLingkungan

Antisipasi Banjir di Dumai, Abdul Kasim Desak Pemerintah Normalisasi Sungai

Pekanbaru – Anggota DPRD Provinsi Riau Daerah Pemilihan (Dapil) Dumai, Bengkalis dan Kepulauan Meranti, Abdul Kasim, SH sangat prihatin terkait permasalahan banjir di Kota Dumai yang semakin parah dan tak teratasi.

Untuk mengantisipasi banjir di Kota Dumai, Pria kelahiran Bagan Besar ini mendesak Pemerintah segera melakukan normalisasi sungai.

Hasil pantauannya di lapangan, Abdul Kasim menuturkan, banjir di Kota Dumai sudah merata disebabkan tidak normalnya aliran sungai ke laut sehingga air darat menguap ke pemukiman-pemukiman masyarakat.

“Ditambah lagi dengan air laut pasang yang mengalir ke darat sehingga menyebabkan banjir hampir merata ke seluruh kota Dumai. Tentu ini akan banyak menimbulkan kerugian kepada masyarakat,” terang Sekretaris Komisi I DPRD Riau tersebut ke awak media. Senin (03/10/2022).

Sebagai solusi dari permasalahan tersebut, dirinya mendesak Balai Wilayah Sungai yang berada di Provinsi Riau untuk bertindak cepat dengan melakukan normalisasi sungai.

Legislator PKS ini, juga meminta langkah-langkah konkret dari Pemerintah untuk mengatasi permasalahan banjir di Kota Dumai, khususnya pemerintah pusat karena menjadi kewenangannya.

Dilanjutkannya, Abdul Kasim berharap Balai Wilayah Sungai tidak abai dengan kondisi sungai yang ada di Kota Dumai yang sudah sangat mengkhawatirkan.

“Kita harap Balai yang berada di Riau ini khususnya Balai Wilayah Sungai jangan tidak peduli, jangan tidur, karena ini sudah mendesak kebutuhan masyarakat terkait normalisasi sungai. Sudah banyak kerugian-kerugian yang ditanggung masyarakat disebabkan oleh tidak normalnya sungai yang ada di kota Dumai ini,” pungkasnya.

“Jadi harapan saya kepada Balai sebagai perpanjangan tangan dari pemerintah pusat, untuk dapat secepat mungkin melaksanakan tugas dan tupoksi kerjanya, jangan hanya perencanaan-perencanaan saja,” tegas Abdul Kasim menutup keterangan.

Tags
Menampilkan lebih banyak

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close