BeritaPendidikanRiau

Biro Sumber Daya Manusia (SDM) Polda Riau Luncurkan Aplikasi E-paper, E-Library dan Perpustakaan

PEKANBARU – Kapolda Riau Irjen Moh Iqbal me-lounching aplikasi teribosan kreatif Biro SDM Polda Riau yang digawangi Kombes Joko Setiono Sik.

Terobosan berupa aplikasi e-watpers dan e-library serta pendirian perpustakaan ‘Bhara Daksa’ Polda Riau pada Senin (8/8/2022) di aula tribrata Mapolda.

Lounching ditandai dengan penekanan tombol sebagai simbol dibukanya kedua aplikasi tersebut.

Kapolda Riau Irjen Iqbal mengatakan dengan adanya terobosan kedua tersebut bertujuan untuk mempermudah personel Polda Riau dalam pengurusan semua administrasi.

Aplikasi e-watpers memudahkan personel kita dalam pengurusan seperti pensiun, tanda kehormatan, kenaikan gaji berkala, dan perjalanan dinas mutasi personel. Sedangkan aplikasi e-library bertujuan untuk mempermudah personel Polda Riau untuk dapat membaca buku kapanpun dan dimanapun,” ujar Irjen Iqbal.

“Begitupun perpustakaan ‘Bhara Daksa’ yang kita resmikan ini sebagai media pembelajaran dan sebagai sarana pembantu untuk menambah minat membaca bagi personel Polda Riau juga sebagai sarana menambah ilmu, membentuk sifat kreatif personel kita,oleh karenanya saya mengapresiasi kepada seluruh tim Biro SDM,” lanjutnya.

Kepala Biro Sumber Daya Manusia (Karo SDM) Polda Riau Kombes Joko Setiono mengaku pihaknya berinovasi untuk memberikan pelayanan terbaik bagi personel dengan aplikasi unggulan tersebut.

“Aplikasi e-watpers merupakan aplikasi yang dibuat untuk membantu mempermudah setiap personel dalam pengajuan administrasi seperti pengajuan pensiun personel, pelayanan kenaikan gaji berkala, pengajuan tanda kehormatan, pengajuan biaya perjalanan dinas mutasi personel. Selain itu juga sebagai pengingat e-rohani, e-jasmani serta informasi perumahan bagi personel Polda Riau. Cukup dengan menggunakan smartphone kapan saja dan dimana saja tanpa perlu membawa dan mengantar berkas fisik, personel yang mengajukan akan mendapatkan notifikasi jika berkas administrasi yang telah di upload pada aplikasi selesai diproses,” urai Kombes Joko Setiono.

Kombes Joko menerangkan e-library Presisi Polda Riau merupakan aplikasi perpustakaan digital yang memberikan akses kepada penggunanya untuk menjadi pengelola dan anggota perpustakaan.

“Tersedia 2.000 koleksi bacaan digital berupa buku, yang stoknya akan terus ditambah/ diperbarui secara berkala. Layanan elibrary presisi Polda Riau dapat diakses melalui perangkat smartphone berbasis android dan perangkat pc versi windows. Aplikasi e-library telah dilengkapi dengan berbagai koleksi buku digital. Beragam subjek yang sangat menarik juga dapat dinikmati oleh seluruh anggota dengan mudah,” bebernya.

“Untul perpustakaan ‘Bhara Daksa’, kami memiliki koleksi buku berjumlah 4.850 buku dengan berbagai klasifikasi (hukum, bahasa, ekonomi, ilmu politik, ilmu sosial, statistik/keamanan, administrasi publik, masalah dan layanan sosial, penyidikan, biologi, astronomi. Dan koleksi bacaan akan terus bertambah secara berkala,” tutupnya.

Menampilkan lebih banyak

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close