BeritaIndragiri HuluNasionalRiau

Kades se-Kecamatan Batang Peranap Sampaikan Aspirasi ke Muhammad Gazali, Mulai dari Infrastruktur Hingga Dana Desa

Riau — Anggota DPD RI H. Muhammad Gazali, Lc. menerima aspirasi dari Kepala Desa (Kades) se-Kecamatan Batang Peranap Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), pada Kamis 6 Oktober 2022 di Ruang Rapat Buleleng lantai 1 Gedung A DPD RI, Jakarta.

Banyak aspirasi yang disampaikan para Kepala Desa pada pertemuan tersebut, mereka berharap aspirasi tersebut didengar dan direalisasikan oleh pemerintah pusat melalui Kementerian terkait.

Aspirasi yang disampaikan, pertama terkait perbaikan infrastruktur dan jalan di Batang Peranap, terutama jalan dari Desa Srunak dan Pesajian. Di mana jalan tersebut hanya bisa dilewati roda 2, lebih kurang 16 Km belum bisa digunakan. Kebutuhan infrastruktur desa di Kecamatan Batang Peranap sangat tinggi, tapi dana desa sangat terbatas.

“Kedua, kami meminta agar dana desa sebaiknya diprioritaskan untuk pemberdayaan masyarakat dan infrastruktur, sedangkan dana Covid-19 yang dianggarakan dari dana desa harusnya ditiadakan. Sebaiknya penanggulangan Covid-19 tidak menggunakan dana desa, tapi ada alokasi sendiri,” pungkas Salpianto, Kades Kuto Tuo.

Para Kades juga meminta perubahan mekanisme distribusi dana desa, termasuk penyederhanaan pelaporan dana desa.

Anggota DPD RI Muhammad Gazali menyimak aspirasi Kades se-Kecamatan Batang Peranap

Aspirasi ketiga terkait data penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT). Kades Punti Kayu, Surman, meminta segera dilakukan perbaikan data penerima BLT yang sering salah sasaran, karena data dari pusat tidak sinkron dengan data di daerah (desa).

“Selama ini dana subsidi BBM didistribusikan tanpa ada pendataan terlebih dahulu dari desa, tapi datanya langsung dari pusat, sehingga tidak sesuai” tuturnya.

Keempat, aspirasi terkait Badan Usaha Milik Desa (BUMDES). Kades meminta supaya program-program Kementerian dapat memperkuat Bumdes.

Aspirasi terakhir, yaitu terkait peningkatan taraf hidup/kesejahteraan Kades dan aparaturnya. “Gaji honorer sering terlambat, tahun ini saja baru dibayar lima bulan,” tutur Yamumin, Kades Sei Aur.

Menanggapi aspirasi tersebut, Anggota DPD RI Muhammad Gazali akan segera berkoordinasi kepada pemerintah pusat melalui Kementerian PUPR dan Kementerian Desa, ataupun melalui Anggota DPR RI di Komisi terkait.

Dirinya juga menapresiasi Kades se-Kecamatan Batang Peranap yang tanggap terhadap kondisi di daerahnya. Ia berharap apa menjadi cita-cita Bersama dapat tercapai.

Tags
Menampilkan lebih banyak

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close