AgamaBeritaNasionalSosok

Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan, Buya Gazali: Pesantren Harus Menjadi Perekat Persatuan Bangsa

Pekanbaru – “Di tengah tantangan bangsa yang semakin besar, terutama adanya konflik politik dan budaya bermuatan agama, serta era keterbukaan media sosial, maka pesantren harus mewarnai dan selalu menjadi penyejuk dan perekat persatuan bangsa,”.

Hal tersebut disampaikan Anggota DPD RI asal Riau H. Muhammad Gazali, Lc pada acara Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan atau MPR RI, di Aula Pondok Pesantren (Ponpes) Al Ihsan Boarding School (IBS) 2 Pekanbaru (16/9/2022).

Pada kegiatan itu, Buya Gazali (panggilan akrab Muhammad Gazali) mengatakan bahwa Pesantren mempunyai fungsi strategis sebagai garda terdepan dalam mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dari sejak zaman kemerdekaan sampai dengan saat ini.

“Untuk itu ulama dan pengasuh Ponpes merupakan tokoh yang mempunyai fungsi signifikan sebagai pengayom dan pemersatu umat. Apalagi di tengah era globalisasi seperti sekarang ini, generasi bangsa harus memiliki benteng diri supaya tidak terpengaruh dengan hal-hal negatif,” pungkasnya.

Buya Gazali sangat berharap pada para santri dan tokoh alim ulama bisa menjadi garda terdepan dalam memepertahankan keutuhan bangsa dan perekat masyarakat. Sehingga Kemenag mempunyai peran dalam mencegah meluasnya konflik yang meningkat dewasa ini.

Tags
Menampilkan lebih banyak

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close