BeritaNasionalPolitikRiau

Buya Gazali: Nilai-nilai Pancasila Sangat Sesuai dengan Ajaran Islam

Kampar – Anggota DPD RI H. Muhammad Gazali, Lc yang akrab disapa Buya Gazali menggelar Sosialisasi 4 Pilar MPR RI di Aula SD MQRes Kubang Siak Hulu, Kampar, Selasa (25 Juli 2023).

Pria yang berlatar belakang pendakwah itu mengatakan bahwa nilai-nilai yang terkandung di dalam Pancasila sangat sesuai dengan ajaran islam.

“Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara yang digali para pendiri bangsa Indonesia, jika dikaji secara mendalam mengandung nilai-nilai Islam yang sangat kuat dan jelas seperti ada istilah adil, beradab, kerakyatan, hikmat, permusyawaratan,” ujar senator asal Riau tersebut.

Dilanjutkannya, Undang-undang Dasar (UUD) menyebutkan bahwa indonesia aktif di dalam menjaga kedamaian dunia, menjaga terjadinya perpecahan dan peperangan.

“Kemerdekaan indonesia merupakan hak rakyat indonesia, sehingga merdeka merupakan hak dasar manusia yakni bebas dari segala macam tindakan kesewenangan, pemaksaan kehendak dan sebagainya. Di dalam keyakinan islam, syahadat yang kita ikrarkan merupakan salah satu wujud kemerdekaan manusia di dalam pemghambaannya hanya menyembah sang khaliq bukan penyembahan kepada makhluq,” pungkasnya.

Terakhir, Buya Gazali mengajak umat Islam untuk menjaga Pancasila dengan memahami dan mengamalkannya secara konsisten. “Mari kita semua bersama Pancasila membawa bangsa ini menuju cita-cita para pendiri bangsa menuju negara yang adil, beradab dan sejahtera,” pungkasnya.

Tags
Menampilkan lebih banyak

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close